download conky for fedora,debian,ubuntu,mint,dan opensuse

Conky adalah utilitas yang dapat menampilkan informasi dari sistem operasi yang kita gunakan, misalnya menampilkan informasi CPU, penggunaaan RAM, SWAP memori, Traffic Wlan, informasi kernel dll. Kegunaan dan tampilan Conky ini hampir mirip dengan Sidebar pada Sistem Operasi Wind*ws 7 maupun Vista sekalipun konfigurasinya sangatlah berbeda.
Berikut adalah cara melakukan instalasi conky pada ubuntu 12.04 :
 
 
1.    Lakukan instalasi Conky via Terminal dengan mengetikkan
-----------------------------------------
sudo apt-get install conky-all 
---------------------------------------
 
2.   Kemudian Download file conky-lua (file untuk konfigurasi dan tema dari conky yang akan ditampilkan) Link Download Conky's Theme.
 
3.   Kemudian Extract file tema conky tersebut dan pilih salah satu tema conky yang sesuai dengan operating system yang dimiliki, pada percobaan ini memakai Ubuntu 12.04, maka conky-lua yang dipilih adalah Conky ubuntu-lua.tar.gz
4.  Kemudian Extract file Conky ubuntu-lua.tar.gz maka akan menghasilkan folder yang didalamnya berisi 3 file yang berguna untuk konfigurasi conky. Lalu rename conkyrc menjadi .conkyrc (menambahkan titik didepan nama file conkyrc untuk mengubah conkyrc menjadi hidden file) kemudian pindahkan .conkyrc ke direktori home folder.
 
 
 
 
5. Selanjutnya buat sebuah hidden folder pada direktori home dengan nama .conky kemudian pastekan clock_rings,lua dan new-ubuntu-logo,png pada folder .conky tersebut.
6. Setelah semua file untuk konfigurasi sudah dipindahkan ke masing masing direktori yang ditentukan, kemudian lakukan pengubahan pada script .conkyrc dikarenakan ada beberapa perubahan data dan direktori dari conky tersebut. Caranya buka .conkyrc dengan menggunakan gedit, kemudian amati dan cari baris berikut ini :  
/~.lua/scripts/clock_rings.lua  
kemudian ganti baris tersebut menjadi ~/.conky/clock_rings.lua (disesuaikan dengan direktori yang kita ubah tadi), 
kemudian save.Tambahan : Setting menampilkan net working secara default pada conky ini adalah pada interface eth0, maka bagi pengguna conky yang menggunakan Wireless atau AP untuk koneksi internet, lakukan perubahan setting dengan cara mencari baris berikut :

---------------------------------------------------------------------------------------------
${color FFFFFF}${goto 125}${voffset 25}${downspeed eth0}
${color FFFFFF}${goto 125}${upspeed eth0}
--------------------------------------------------------------------------------------------

kemudian ubah nilai eth0 menjadi wlan0. Kemudian save.


7. Ketika semua file konfigurasi conky telah diubah agar dapat dijalankan, untuk menjalankan conky adalah dengan membuka terminal lalu ketikkan command conky lalu enter, maka hasil yang muncul adalah conky yang telah kita konfigurasi.
Jika conky belum muncul, ulangi step step diatas dengan benar dan teliti.Hasil dari tampilan conky yang dijalankan pada Ubuntu 12.04 : 



klok tetap tidak bisa coba saja di link yang ada dibawah ini.

http://www.youtube.com/watch?v=ifhHNyzt8_I

0 komentar:

Posting Komentar

Popular

Copyright © / mohammad bayu :P

Template by : Urangkurai / powered by :blogger